Doa Pernikahan untuk Keluarga Bahagia dan Berkah dalam Islam

Doa Pernikahan untuk Keluarga Bahagia dan Berkah dalam Islam

Dalam rangka menyatukan dua orang manusia dengan dua pikiran dan ego yang berbeda, dibutuhkan komitmen dan keyakinan yang kuat dari kedua belah pihak. Untuk itu, ketika pernikahan dilangsungkan, doa pernikahan islam yang diucapkan hendaknya menyangkut hal-hal tersebut. Nah, berikut ini doa yang dianjurkan diucapkan dalam membangun rumah tangga.

Doa Setelah Ijab

Sesaat setelah ijab dilangsungkan, disunahkan bagi mempelai pria untuk mengecup kening sang istri sebagai lambang dari sahnya ikatan diantara mereka. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah saw. bersabda bahwa mempelai pria hendaknya memegang ubun-ubun istri sembari membaca basmalah dan dilanjutkan dengan doa.

Doa yang diajarkan oleh Rasulullah tersebut adalah “Allahumma inni as’aluka min khairiha wa khairi maa jabaltaha ‘alaihi, wa a’udzubika min syarriha wasyarri maa jabaltaha ‘alaihi.” Setelah doa selesai dibacakan maka sang mempelai meniup pelan ubun-ubun sang istri.

Yang artinya ‘Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dari dalam dirinya dan kebaikan dari apa yang telah Engkau tetapkan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan dari kejelekan apa yang telah Engkau tetapkan padanya.’

Doa Keluarga Bahagia dan Berkah

Doa pernikahan yang satu ini sebenarnya merupakan ucapan doa yang sering didengar karena tidak hanya diperuntukkan bagi pengantin saja, namun juga bagi mereka yang telah membangun bahtera rumah tangga. Doa tersebut berupa ‘Rabbana hablana min azwajinaa wa zurriyatina qurrata’ayun waj’alna lil muttaqiina imama’.

Yang memiliki arti ’Ya Tuham kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.’

Ini merupakan doa yang sering dikumandangkan agar sebuah rumah tangga diberikan hubungan yang baik, harmonis dan mendapat berkah dari Allah swt. Dalam pengucapannya pun hendaknya dilakukan setiap hari dengan penuh keyakinan agar apa yang diharapkan terkabul.

Rangkaian doa pernikahan di atas hendaknya diucapkan dan diyakini dalam hati karena Allah akan mengikuti prasangka hamba-Nya. Harapan dan doa haruslah dibarengi dengan usaha nyata dari kedua belah pihak. Oleh karena itu dalam sebuah pernikahan sangat dianjurkan untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berakibat fatal.

admin